October 15, 2022
loading

PKJN RSJMM Kukuhkan Duta Kesehatan Jiwa di Kota Bogor

Posted by    admin

BOGOR - Sebagai upaya investasi kesehatan jiwa bagi generasi muda, Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) mengukuhkan duta kesehatan jiwa Kota Bogor pada puncak rangkaian Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang diselenggarakan di RSJMM Heritage Golf Field, Bogor, Sabtu (15/10/2022). Duta ini dipilih dari para finalis lomba cerdas cermat kesehatan jiwa yang diselenggarakan PKJN RSJMM.

Ketua panitia lomba yang juga psikiater dan kepala instalasi rehabilitasi psikososial PKJN RSJMM Lahargo Kembaren, berharap pengukuhan duta ini bukan sekadar program yang hit and run saja, tetapi harus ada keberlanjutan ke depannya agar peran mereka sebagai duta memiliki pengaruh bagi orang-orang di sekitarnya untuk aware terhadap pentingnya kesehatan jiwa.

Sustainability sebagai duta akan kita lanjutkan. Ke depannya (kita) akan membentuk forum dari duta ini. Duta harus melakukan aksi nyata entah itu di kehidupan keluarga, maupun sekolah. Mereka ini akan jadi role model dan ada tindakan promotif preventif kesehatan jiwa di lingkungan mereka berada,” ujarnya.

Selama pelaksanaan lomba, Lahargo mengaku terkejut dengan pengetahuan peserta lomba mengenai kesehatan jiwa yang berada di atas ekspektasinya. Menurutnya, ini adalah cara yang baik dalam memberikan pengetahuan kesehatan jiwa kepada generasi muda, khususnya di Kota Bogor.

“Saya sampai terkagum-kagum melihat mereka menjawab dengan tepat, cepat, antusias, bukan sekadar hapal. Mereka cukup aware dengan kesehatan jiwa ini. Mereka aware bahwa kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik,” tutupnya.

Lomba cerdas cermat kesehatan jiwa ini diikuti oleh 35 tim yang terdiri dari siswa SMA/MA di Kota Bogor. Berikut merupakan daftar tim pemenang lomba sekaligus menjadi duta kesehatan jiwa di Kota Bogor.

 

Juara I             : SMA Bintang Pelajar Islamic Boarding School A

Juara II            : SMAN 1 Bogor A

Juara III           : SMA Bintang Pelajar Islamic Boarding School B

Juara IV          : SMA BPK Penabur B

 

Oleh: Rianto/Hukormas

  • Share to :