May 10, 2023
loading

Tim PKJN RSJMM Berikan Layanan Kesehatan kepada Balita Stunting di Bogor Barat

Posted by    admin

Tim dari Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) Bogor yang terdiri dari dokter, promotor kesehatan, penyuluh kesehatan, dan ahli gizi memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan, edukasi dan pemberian makanan tambahan (PMT) untuk balita stunting di Kantor Kelurahan Balumbang Jaya, Bogor Barat, Kota Bogor, Rabu (10/5/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Bogor Barat yang didampingi Lurah Balumbang Jaya, Tim Puskesmas, Babinsa, Babinkantibmas, LPM, RT/RW, serta kader setempat.

Plt. Lurah Balumbang Jaya, Kartini Wulandari, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir. "Terima kasih kepada semua yang hadir terutama Camat Bogor Barat dan Tim Rumah Sakit Marzoeki Mahdi, yang akan melakukan pemeriksaan, edukasi dan pemberian makanan tambahan," ujarnya.

Pengelola Program Edukasi Luar Rumah Sakit di Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), Desy Herawati, menjelaskan alur pelayanan yang akan dijalankan dan memperkenalikan satu persatu petugas yang akan memberikan pelayanan yaitu tim dokter, penyuluh kesehatan, gizi dan media.

Camat Bogor Barat, Dudi Fitri Susandi, menyambut baik kegiatan ini. "Kami Camat Bogor Barat, menyambut baik acara ini, dan memohon kepada RSJ Marzoeki Mahdi untuk memantau penanganan Stunting di Balumbang Jaya bersama kelurahan dan puskesmas," ucapnya.

Dua anak balita didampingi ibunya, maju ke depan untuk diberikan minum susu dan makan telur ayam oleh Camat Bogor Barat dan Lurah Balumbang Jaya secara simbolis.

Satu persatu anak balita yang berumur sekitar 11 bulan sampai 2 tahun, beserta ibunya dipanggil untuk melakukan pendaftaran ulang, pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan, pemeriksaan antofometri, pemeriksaan fisik, edukasi stunting dan gizi seimbang serta pemberian makanan tambahan berupa susu sapi dan telur ayam.

Sebanyak 12 balita berhasil diberikan pelayanan langsung di Kantor Kelurahan Balumbang Jaya, sedangkan 7 balita lainnya berhasil diberikan pelayanan di lokasi yang berbeda yaitu di Posyandu RW 09, sehingga Tim PKJN RSJMM berserta Tim Kecamatan Bogor Barat, Tim Kelurahan Balumbang Jaya, Tim Puskesmas dan Kader kesehatan, berhasil memberikan pelayanan kepada 19 balita stunting di Kelurahan Balumbang Jaya.

Sesuai kesepakatan, kegiatan penanganan stunting ini akan dilakukan setiap bulan secara rutin selama enam bulan ke depan, di lokasi yang berbeda-beda di Kelurahan Balumbang Jaya, sedangkan pemantauan perubahan perilaku keluarga dan perkembangan fisik kesembilan belas balita akan dilakukan oleh kader kesehatan melalui kunjungan rumah (Home Visite) selama seminggu sekali.

 

Reporter              : Iyep Yudiana

Editor                    : Rianto

  • Share to :