January 31, 2019
loading

Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Kota Bekasi

Posted by    admin

RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor bersama Pemkot Bekasi Melalui Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Yayasan Sosial Disabilitas Mental, Evakuasi 13 ODGJ Untuk Dilakukan Perawatan di Rumah Sakit.

Kamis, 31 Januari 2019 pkl.08.00 WIB, tampak barisan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), duduk dengan rapih di sebuah Yayasan Sosial Disabilitas Mental yang bernama Jamrud Biru, yang beralamat di Jl. Mustika Sari Gg. Asem Sari Rt.03/04 Kel. Mustika Sari Kec. Mustika Jaya Kota Bekasi, guna mengikuti Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ Kota Bekasi.

150 orang hadir dalam Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Bekasi yang terdiri dari 85 ODGJ Yayasan Jamrud Biru, Yayasan Gerasa, 17 ODGJ yang akan dilakukan evakuasi, Keluarga ODGJ, PSM, TKSK, LK3, Puskesmas (Mustikasari, Aren Jaya, Bojong Rawa Lumbu), RW setempat, Polsek Bantar Gebang, Dinsos, Dinkes Kota Bekasi dan 12 Petugas dari RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Dilain tempat, 12 Petugas Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang dipimpin oleh dr. Natalingrum sebagai Psikiater RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor. 

Tim berhasil mendata dan memeriksa 20 ODGJ yang terdiri dari 17 ODGJ yang terdaftar dalam daftar kegiatan dan 3 ODGJ tambahan dari masyarakat. Dari 20 ODGJ yang diperiksa, 13 ODGJ ditetapkan sebagai pasien yang akan dilakukan evakuasi, dan sisanya karena keluarga menolak Rawat dan tidak indikasi rawat.

Diakhir kegiatan, di lakukan Pembacaan Komitmen Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Bekasi, yang diikuti secara serentak oleh seluruh peserta dan tamu undangan, dan ditutup dengan penyerahan cendera mata berupa Majalah Dolphin dan Kalender RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor oleh I Ketut Sudiatmika, sebagai Ka. Instalasi KJM & PKRS RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.*

13 ODGJ dievakuasi ke RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor dengan menggunakan 1 unit Bis dan 1 Ambulance, untuk menjalani perawatan dan pengobatan sekitar 1 bulan, yang dilepas oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir, dengan jargon yang khas yaitu :
Stop Pasung
Sehat Jiwa
Pulih, Mandiri dan Produktif.

  • Share to :