February 11, 2019
loading

Kepompong Cafe (Bukti Nyata Kepedulian terhadap ODGJ, orang dengan gangguan jiwa)

Posted by    admin

Kepompong Cafe*
(Bukti Nyata Kepedulian terhadap ODGJ, orang dengan gangguan jiwa)

Sejak menjadikan rehabilitasi psikososial sebagai visi dan misi Rumah sakit maka RS.dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor sebagai rumah sakit jiwa tertua di Indonesia (sudah berdiri sejak 1882) terus melakukan berbagai usaha mewujudkan visi dan misi ini. Dan di awal tahun 2019 yg menjadi akhir dari 5 tahunan program unggulan RS, akan segera di 'launching' Kepompong Cafe III yg mengambil tempat di depan farmasi RSMM.

Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSMM Bogor melakukan berbagai modalitas terapi rehabilitasi bagi orang dengan gangguan jiwa yg menjadi rehabilitan. Setelah mereka pulih kemampuan sosial, kognitif dan okupasi nya maka dilakukan suatu "bridging" (jembatan) berupa latihan kerja yg dilakukan di RS agar ODGJ siap bekerja di dunia nyata.

Kafe kepompong adalah suatu bentuk social enterprise dan partnership dalam rangka menghadirkan suatu bentuk latihan kerja di mana ODGJ bisa bekerja langsung dan mendapatkan insentif dari pekerjaan yg dilakukannya. Ini akan menambah kepercayaan diri dan harga diri ODGJ sehingga pada akhirnya siap bekerja di dunia nyata.

Seperti namanya "Kepompong", ODGJ saat dia sakit seperti ulat yg sering diabaikan dan dibuang, tidak dianggap, tetapi saat masuk ke Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSMM Bogor maka mereka masuk fase kepompong untuk berlatih menjadi orang yg mandiri supaya saat keluar nanti mereka bisa menjadi kupu kupu yang indah yg mewarnai dunianya.

Outlet ke 3 kafe kepompong ini bertempat di depan apotek/instalasi farmasi, semoga menjadi sarana yg baik bagi ODGJ dalam memulihkan dirinya.

"Memanusiakan kembali manusia"

?LaKe?

dr.Lahargo Kembaren,SpKJ
-Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RSMM Bogor-

  • Share to :