March 06, 2019
loading

Refreshing 25 Kader Kesehatan Jiwa, Kerjasama RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Ciawi, Dinas Sosial Kabupaten Bogor melalui dan Pendamping ODGJ

Posted by    admin

Refreshing Kader Kesehatan Jiwa yang di selenggarakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor melalui Puskesmas Ciawi. *Puskesmas Ciawi yang di pimpin oleh drg. Belinda Wildani, sebagai Kepala Puskesmas dan dr. Tina Yustiniarsih, sebagai Pemegang Program Keswa,* memiliki 5 wilayah kerja yaitu : Desa Ciawi, Bendungan, Banjarwaru, Pandansari, Bitungsari, saat ini sudah mempunyai Poli Kesehatan Jiwa (Pelayanan Prioritas ODGJ), yang sampai saat ini sudah melayani 76 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) dan 8 ODGJ diantaranya dirujuk untuk mendapatkan perawatan di RS.dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.
Puskesmas Ciawi juga memiliki layanan keswa lainnya seperti Ngalongok ODGJ (Home Visite), Pendampingan Psikiater dan Evakuasi ODGJ, dengan Motto : *Sinergitas Kesehatan Jiwa Puskesmas Ciawi, Stop Stigma, Stop Pasung dan Peduli ODGJ.* Refreshing Kader Kesehatan Jiwa, diikuti oleh sedikitnya 25 Kader dari berbagai desa di wilayah kerja puskesmas ciawi, dengan narasumber Iyep Yudiana , SKM. MKM., sebagai Koordinator Lintas Sektor dan Promotor Keswa RSMM, yang membawakan materi tentang *Peran Kader Dalam Kesehatan Jiwa, yang disertai dengan Simulasi Wawancara Keluarga Sehat Jiwa dan Game Interaktif* tentang peran kader keswa yang di bantu oleh Pendamping ODGJ Dinas Sosial Kabupaten Bogor.

Harapan Puskesmas Ciawi yang disampaikan adalah, *memiliki layanan jiwa yang prima, ditunjang fasilitas layanan dan obat yang lengkap, sehingga ODGJ bisa pulih dan mandiri.* Kegiatan Refreshing Kader Kesehatan Jiwa ini bisa terselenggara karena adanya *kerjasama anntara Dinkes Kab. Bogor melalui Puskesmas Ciawi bersama Dinsos Kab. Bogor melalui Forum Pendamping ODGJ bersama RSMM.* Diakhir kegiatan, dilakukan dokumentasi photo bersama, dengan jargon yang khas yaitu :
Stop Pasung
Sehat Jiwa
Pulih, Mandiri dan Produktif

  • Share to :