April 10, 2019
loading

SIARAN TV SIPATAHUNAN

Posted by    admin

RS dr. H. Marzoeki Mahdi pada tahun ini akan mendapatkan akreditasi tingkat internasional. Banyak stigma masyarakat yang mengganggap RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor merupakan rumah sakit khusus kejiwaan. Sesungguhnya RS. dr. H. Marzoeki Mahdi pun memberikan layanan untuk penyakit non-psikis seperti THT, neurologi, jantung, hemodialisis dan sebagainya. Bahkan pelayanan-pelayanan fisik tersebut akan diintregasikan dengan pelayanan psikologis, sehingga pasien akan mendapatkan bantuan kesehatan jiwa dan raga.
RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor menerima pasien BPJS maupun non-BPJS, pasien BPJS dapat berobat langsung melalui IGD (jika kasus darurat) tanpa harus melampirkan rujukan dari puskesmas, pasien cukup membawa KTP dan kartu BPJS, minimal nomor BPJS apabila pada saat di tempat tidak membawa kartu BPJS.
RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor selalu memastikan kondisi lingkungan rumah sakit dapat menciptakan perasaan yang nyaman serta membantu kesembuhan pasien. Yakni dengan meningkatkan kualitas SDM, baik mengenai kepribadian sampai dengan kompetensinya. Selain itu RSMM terus meningkatkan kondisi sarana dan prasarana serta selalu memastikan perijinan dari seluruh alat-alat yang digunakan.
Lebih lanjut lagi, RS dr. H. Marzoeki Mahdi memerhatikan hak seluruh pasien termasuk pasien ODGJ. Di periode pilkada ini para pasien ODGJ diberikan pelatihan serta simulasi pemungutan suara. Pada tanggal 17 April 2019 nanti pasien-pasien ODGJ akan difasilitasi tempat pemungutan suara dimana mereka tetap harus melengkapi berkas administrasi yakni KTP dan Form A5 tanpa harus menyertakan surat kesehatan jiwa. RS dr. H. Marzoeki Mahdi juga memberi perhatian kepada para mantan pasien ODGJ, RSMM memberikan pelatihan kompetensi dengan memerhatikan minat dan bakat mereka. Agar di masa depan mereka mampu terjun di tengah-tengah masyarakat.
Sebagai rumah sakit yang berorientasi kepada keselamatan dan kesehatan masyarakat, dengan membentuk program-program dimana masyarakat dapat mengikuti pelatihan untuk meningkatkan intelegensi, mengontrol emosi, konsultasi pre-marital, dan juga grup konseling untuk para remaja. RS dr. H. Marzoeki Mahdi pun mengadakan hospital tour untuk anak-anak agar mereka dapat mengenal lebih dalam bahwa perawatan kejiwaan tidak se-menyeramkan yang selama ini masyarakat pandang.
Di akhir diskusi, Direktur Utama RS dr. H. Marzoeki Mahdi mengungkapkan harapannya agar masyarakat Bogor menjadi lebih sehat jiwa dan raga. Beliau mengajak kita untuk memulai pola hidup sehat, dengan tidur cukup, menghindari ketergantungan, menghindari rokok, serta selalu merencanakan kegiatan sehari-hari agar hidup lebih tenang dan tertata. Beliau juga menghimbau agar masyarakat menjalani tes kepribadian serta tes minat bakat agar kita mampu mengenali diri kita sendiri sehingga kita dapat merasa bahagia. Selain itu beliau juga meminta agar masyarakat tidak perlu malu untuk berkonsultasi mengenai gangguan kesehatan yang dimiliki. Bagi keluarga yang memiliki anggota ODGJ, dimohon untuk tidak menyembunyikannya karena malu atau terganggu. Karena hal tersebut melanggar undang-undang dan juga hukum agama. Diharapkan setiap orang dapat mengenali gejala-gejala yang sekiranya muncul dari orang terdekatnya.
Bagi masyarakat Bogor yang sekiranya ingin berkonsultasi ataupun melakukan pengaduan serta masukan kepada RS dr. H. Marzoeki Mahdi, dapat menghubungi hotline service di 0251-8310611. Dan apabila kita berhadapan dengan orang yang memiliki kondisi krisis, kita mampu menghubungi crisis center di nomor yang sama.

  • Share to :