June 05, 2019
loading

Idul Fitri, Momen Terbaik Untuk Jadi Pribadi Yang Lebih Baik

Posted by    admin

Idul Fitri, Momen Terbaik Untuk Jadi Pribadi Yang Lebih Baik

Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan oleh semua umat Islam di seluruh dunia adalah momen terbaik sepanjang tahun karena banyak hal baik yang dilakukan pada saat tersebut. Silaturahmi dan saling bermaafan sambil bertekad untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang menjadi karakteristik yang dipikirkan dan dilakukan setiap orang pada hari raya ini.

Momentum ini sangat baik karena setelah melewati ujian saat Ramadhan, mereka yang berhasil melewatinya sudah menjadi manusia yang tangguh yang berhasil mengalahkan segala macam godaan hawa nafsu. Menjadi pribadi yang lebih baik adalah pilihan berikutnya untuk kehidupan ke depan. Mungkinkah kepribadian itu diubah ?

Menurut Wiliam James psikolog Harvard yang terkenal pada abad 19, kepribadian yang mantap dimulai sejak dewasa muda dan ini akan menjadi ciri yang khas dari orang tersebut. Kepribadian adalah pola pikiran, sikap, perasaan dan perilaku yang unik dari seseorang yang menetap dan membuat orang ini spesial dan tidak ada yang seperti dirinya.

“Good personality” (kepribadian yang baik) adalah kepribadian yang menyenangkan dan menarik bagi orang lain, yang membuat orang lain merasa nyaman berada di dekatnya. Memiliki kepribadian yang baik sangat penting dalam kehidupan karena dikatakan bahwa 85% keberhasilan seseorang dalam relasi, bisnis, pendidikan, dll tergantung pada kepribadiannya yang baik.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, antara lain adalah :

· Jadilah pendengar yang baik. Membuat orang lain menjadi penting saat dia berbicara dengan memperhatikannya dengan seksama membuat kita akan menjadi orang yang sangat berharga bagi orang itu.

· Rajinlah membaca dan memperluas wawasan. Semakin banyak kita membaca semakin banyak pengetahuan dan wawasan yang kita miliki dan ini akan membuat kita paham tentang berbagai hal yang dibicarakan oleh orang lain dan memungkinkan kita untuk bertukar pendapat tentang hal tersebut.

· Menjadi teman ngobrol yang menyenangkan. Akan sangat mengasikkan bila kita dapat berkontribusi dengan baik dalam setiap obrolan dengan teman, relasi dan saudara apalagi bila pendapat kita itu didengarkan dan dilakukan oleh mereka. Ambillah waktu sejenak untuk duduk bersama mereka mengobrol bersama, hal tersebut akan menyenangkan bagi mereka.

· Milikilah opini dan pendapat pribadi. Ketika berinteraksi dengan orang lain tunjukkan sudut pandang kita tentang hal tertentu, miliki pendapat yang didasarkan pada pendirian kita dan sampaikan pada mereka sehingga mereka bisa tahu orang seperti apa kita. Mendengarkan orang yang memiliki pendirian yang kuat membuat kita juga bisa menyerap energi positif mereka.

· Bertemu dengan orang yang baru. Ini akan membuat kita lebih banyak mengenal pribadi orang dan memahami bagaimana mereka berpikir dan bertindak dan membuat kita tahu bagaimana respon terbaik yang bisa kita berikan. Jangan ragu dan takut untuk bertemu orang yang baru karena tidak ada memang yang perlu dikhawatirkan.

· Menjadi diri sendiri. Tidak ada yang lebih melelahkan ketika kita mencoba untuk menjadi foto copy dari orang lain. Jadilah diri sendiri yang otentik dan teruslah berkembang menjadi lebih baik. Percayalah keunikan kita tersebutlah yang membuat kita menarik bukan karena kesamaan kita dengan orang lain. Dengan menjadi diri kita sendiri maka akan membuat kita semakin percaya diri dan kepribadian kita semakin menarik.

· Miliki integritas dan sikap yang positif dalam berbagai hal. Integritas adalah sikap hati untuk bertahan pada kejujuran dan kebenaran yang hakiki. Ini akan membuat orang lain segan dan hormat pada kita. Menyikapi segala hal dari sisi positif membuat orang senang berada dekat kita karena ada energi positif yang selalu terpancar dari diri kita. Jangan beri kesempatan sikap dan pikiran negatif untuk hinggap di diri kita.

· Menjadi menyenangkan dengan “sense of humor” (sisi humor) yang kita miliki. Tidak segala sesuatu harus ditanggapi dengan serius yang membuat dahi berkerut. Humor adalah sisi intelektual yang tinggi yang perlu dimiliki oleh suatu pribadi yang matang. Mencari sesuatu yang lucu, unik dan bisa membuat kita dan orang lain tersenyum akan suatu situasi akan membuat suasana menjadi cair dan lebih menyenangkan. Tambahkan selalu kegembiraan, tawa, senyum, dan kelucuan dalam setiap keadaan yang sepertinya kusam dan buram. Ini juga akan membuat kita selalu bersyukur akan banyak hal yang terjadi dalam hidup kita. Teman terbaik adalah teman yang selalu membuat kita tertawa dan tersenyum bahkan saat momen terburuk dalam hidup kita.

Mari kita menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ke hari sehingga kita bisa membuat dunia ini menjadi tempat tinggal yang lebih baik bagi orang-orang yang kita kasihi.

Selamat Hari Raya Idul Fitri
Mohon Maaf Lahir dan Batin

?LaKe?

dr.Lahargo Kembaren, SpKJ
- Psikiater, Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial RS Jiwa Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

  • Share to :