June 17, 2019
loading

TIPS MANAJEMEN WAKTU

Posted by    admin

TIPS MANAJEMEN WAKTU

 

Waktu adalah dimensi dimana terjadi peristiwa yang dapat dialami dari masa lalu melalui masa kini ke masa depan dan juga durasi kejadian.  Oleh karena itu sangatlah rugi orang yang menyia-nyiakan waktu. “ Waktu adalah sesuatu yang mahal sehingga tidak ada yang mampu beli” sekaya apapun seseorang tidak mampu membeli waktu yang sudah terlewati, Sesuatu yang bisa sangat berguna dan berharga atau terbuang percuma. Bahkan waktu tak bisa diganti atau disimpan oleh manusia. Sadarkah kita terkadang waktu Bersama orang yang kita kasihi serasa begitu singkat namun terkadang saat kita melakukan sesuatu yang menjemukkan waktu malah terasa sangat lama. Seringkali kita mendengar perkataan orang yang mengeluh “ Andai saja saya dapat memutar waktu saya akan perbaiki kesalahan saya, saya akan lakukan yang terbaik, saya akan berubah…Tapi….. Waktu adalah sesuatu yang tidak akan pernah kembali setelah pergi  dan sesuatu yang nanti banyak disesali.

Nah maka dari itu di artikel kali ini akan membahas tentang tips manajemen waktu supaya waktu kita dapat kita optimalkan dan bermanfaat bagi kehidupan kita dan orang lain di sekitar kita.

Manajemen waktu  adalah mengatur dan menata waktu sedemikian rupa sehingga manfaatnya optimal sesuai dengan keinginan. Waktu merupakan salah satu sumber daya yang harus dikelola dengan baik agar individu atau organisasi bisa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

Manfaat dari manajemen waktu bagi individu diantaranya :

?  Dapat meningkatkan produktivas dan efisiensi.

?  Menjadikan reputasi profesional anda menjadi lebih baik.

?  Mengurangi tingkat stres.

?  Memberi kesempatan anda untuk maju.

?  Memberikan kesempatan anda untuk mencapai tujuan hidup.

 

Jika anda tidak dapat mengatur secara efektif memiliki akibat berikut :

?  Kualitas kerja menjadi buruk.

?  Aliran kerja menjadi tidak efisien.

?  Reputasi profesional menjadi lebih buruk.

?  Meningkatkan stress.

?  Tidak dapat mengatur jam kerja dengan tepat.

 

Sebegitu berharganya waktu , bahkan anda akan tersadar betapa bermanfaatnya waktu anda saat anda menyadari seberapa penting waktu bagi orang di sekitar kita bahkan 1 detik pun begitu berharga, satu  detik sangat berharga jika anda tanyakan pada dokter penyakit jantung yang pasiennya meninggal karena  terlambat ditangani hanya karena satu detik terlewatkan. Anda akan merasakan waktu satu  menit sangat berharga ketika anda  tanyakan pada orang yang ketinggalan pesawat. Anda akan merasakan waktu satu jam sangat berharga ketika anda tanyakan pada orang yang telat datang ujian dan terpaksa tidak lulus, anda akan merasakan satu bulan begitu berharga ketika anda tanyakan pada pelaut yang berlayar jauh dan anda akan merasakan satu tahun begitu berharga ketika anda  tanyakan pada murid yang tidak naik kelas. Maka dari itu hargailah waktu anda dan mulailah kelola waktu anda.

Tips Sederhana Manajemen Waktu

Hal utama yang harus anda lakukan dalam manajemen waktu adalah “KOMITMEN PRIBADI UNTUK PERBAIKAN” karena tanpa niat dan komitmen untuk berubah manajemen waktu akan terasa sulit atau bahkan anda sepelekan. Nah setelah niat dan komitmen anda telah kuat barulah anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

?  Menentukan Tujuan

?  Menentukan Skala Prioritas

?  Berani mengatakan tidak

?  Mencatat bagaimana waktu digunakan

?  Merencanakan penggunaan waktu

?  Menghindari pemicu penggunaan waktu yang tidak efektif

?  Buat program blok waktu

?  Jangan Menunda Pekerjaan

?  Mendelegasikan Tugas

?  Jaga Kesehatan

 

Buatlah Skala prioritas dengan  cara membaginya kedalam 3 kategori

1. Jangan Dikerjakan

  • Masalah dapat hilang tanpa diatasi
  • Sudah kedaluarsa dan sudah tidak perlu dikerjakan
  • Dapat dikerjakan oleh orang lain

 

2. Kerjakan Nanti

  • Masalah dapat hilang tanpa diatasi
  • Sudah kedaluarsa dan sudah tidak perlu dikerjakan
  • Dapat dikerjakan oleh orang lain

Alasan Penundaan Tugas :

  • Tidak ingin memulai
  • Tidak tahu dari mana memulai
  • Tidak tahu dari mana memulai meskipun ingin memulai

 

3. Kerjakan Sekarang

  • Kebutuhan Operasional harian

Sesuatu yang jika tidak dikerjakan segera menimbulkan  kondisi krisis (jatuh tempo: misal denda cicilan rumah, mobil) pekerjaan yang sudah mendekati deadline

Setelah anda mendapatkan skala prioritas maka saatnya anda masukkan kegiatan anda kedalam agenda harian anda.

Selamat mengerjakan dan yang terpenting jaga terus kesehatan anda karena jika anda sehat maka anda akan dapat mengelola waktu secara  optimal

…… Salam Sehat……

 

Richad D.S. Afandi, Amd.Kep, S.Psi

(Psychogeriatric Nurse)

RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

 

 

 

 

 

 

  • Share to :