June 20, 2019
loading

Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi 18 ODGJ Kota Sukabumi Bersama RSMM Bogor

Posted by    admin

18 ODGJ Berhasil di Evakuasi Pemkot Sukabumi Bersama RSMM untuk di Rawat dan Diobati.

Bertempat di Gedung Dinas Kesehatan yang beralamat di Jl. Surya Kencana No.41 Kota Sukabumi, Tgl. 20 Juni 2019, di gelar kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ, guna menyongsong Kota Sukabumi Bebas Pasung Tahun 2019.

Kegiatan yang pimpin dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Sukabumi, dan di hadiri oleh Dinan Kesehatan, Dinas Sosial, Satpol PP, Disdukcapil, TKSK, PSM, Puslesmas, Kelurahan, IEA, Relawan, Kader dan RSMM.

Kepala Dinas Kesehatan menyampaikan laporannya bahwa ada sekitar 319 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang terdaftar di Dinas Kesehatan Kota Sukabumi yang tersebar di 33 kelurahan dan 7 Kecamatan Se Kota Sukabumi. Dengan kegiatan ini, dan Kepala Dinas Kesehatan mengucapkan terimakasih kepada RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogar yang telah membantu menangani ODGJ Kota Sukabumi.

Penandatanganan Komitmen Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat Kota Sukabumi di lakukan oleh perwakilan setiap instansi yang hadir termasuk RSMM, guna menyongsong Kota Sukabumi Bebas Pasung Tahun 2019, dengan Motto Sukabumi Renyah (Religius, Nyaman dan Sejahtera).

Disisi lain, 11 anggota Tim Pemeriksaan dan Evakuasi ODGJ yang terdiri dari Psikiater, Dokter, Perawat, Promkes, Peksos, dll yang di pimpin oleh I Ketut Sudiatmika, berhasil memeriksa 18 ODGJ dari 24 ODGJ yang terdaftar namun sebagian tidak dapat di periksa dan dievakuasi dikarenakan ada masalah administratif BPJS dan sebagian lagi tidak bisa dihadirkan ke lokasi kegiatan.

Dalam diskusi rencana tindak lanjut kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ dengan berbagai instansi yang hadir, yang di moderatori oleh iyep yudiana, dan menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu : akan diadakan kegiatan serah terima kembali 18 ODGJ paska rawat ke Kota Sukabumi Tgl 15 Juli 2018 yang bertempat di Kantor Dinas Kesehatan. Kemudian kontrol rawat jalan seminggu kemudian ke RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor, serta akan dibuka Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Periode 2, bila masih banyak ODGJ yang daftar untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan di RSMM.

18 ODGJ di serah terimakan oleh Kepala Dinas Kesehatan kepada koordinator kegiatan RSMM, dan bawa dengan menggunakan 1 unit bus dan 1 unit ambulance, yang di kawal ketat oleh Indonesia Escorting Ambulance (IEA) korwil Kota Sukabumi.

Stop Pasung
Sehat Jiwa
Pulih Produktif dan Mandiri.

  • Share to :