June 26, 2019
loading

Penyuluhan dan Pemeriksaan Psikiater Gratis di PKM Tanjungsari Kab. Bogor

Posted by    admin

70 Peserta Hadiri Penyuluhan dan Pemeriksaan Psikiater Gratis di PKM Tanjungsari Kab. Bogor.

70 Peserta kegiatan yang terdiri dari pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), keluarga ODGJ, Kader Sehat Jiwa, Pendamping Disabilitas Mental (PDM), Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor, Puskesmas Gandoang, Lurah Cibadak, Lurah Antajaya, KOPI GANJA (Kelompok Peduli Gangguan Jiwa), Petugas Puskesmas, RS.dr.H.Marzoeki Mahdi (RSMM), dll ikut menjadi peserta dalam Kegiatan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Masyarakat dengan tema Penanganan ODGJ Paska Rawat dan pemeriksaan Psikiater yang di berikan secara gratis kepada seluruh peserta yang hadir.

Kegiatan yang digelar hari Rabu, 26 Juni 2019
di lantai 2 gedung Puskesmas Tanjungsari yang beralamat di Jl. H Abdul halim no 60 Desa Sirnasari Kec. Tanjungsari Kab. Bogor, sangatlah tumpah ruah.
70 peserta yang berasal dari 10 desa di wilayah Kecamatan tanjungsari seperti Desa Antajaya, Buanajaya, Pasirtanjung, Sukarasa, Selawangi, Cibadak, Sirnasari, Sirnarasa, Tanjungsari dan Desa Tanjungrasa, datang untuk mengikuti perhelatan yang di gelar di puskesmas Tanjungsari yang di pimpin oleh dr. Adi Nuryadin sebagai Kepala Puskesmas dan Lilih Herlia Sanusi, sebagai programer jiwa di PKM Tanjungsari, serta didukungan dengan sambutan dari H. Suhaeri sebagai Lurah dan Tatang Rahmat sebagai Ka. Satpol PP yang juga sebagai Ketua KOPI GANJA yang sudah berdiri di kecamatan tanjungsari sejak 28 Februari 2018.

Penyuluhan kesehatan jiwa masyarakat dengan tema Penanganann ODGJ Paska Rawat di sampaikan dengan apik oleh Iyep Yudiana, sebagai Koordinator Lintas Sektoran, Integrasi dan Promotor Kesehatan Jiwa, yang meliputi tahap presentasi, tanya jawab dan pemutaran video motivasi.
Di sisi lain, dr. Sucipto, Sp.KJ. M.Kes melakukan pendampingan dokter dan perawat jiwa PKM Tanjungsari dalam pemeriksaan terhadap 40 ODGJ yang di dampingi keluarganya masing masing sampai tepat pukul 13.00 WIB. Dari 40 ODGJ yang di periksa, terdapat 28 ODGJ lanjut berobat jalan di PKM Tanjungsari, 1 ODGJ yang di rujuk ke RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor dan 1 ODGJ yang dirujuk ke RSUD Cilengsi.

Kegiatan penyuluhan kesehatan jiwa masyarakat dan pendampingan psikiater bisa terlaksana dengan baik, karena kerjasama Dinas Kesehatan Kab. Bogor melalui PKM Tanjungsari, Dinas Sosial Kab. Bogor melalui Pendamping Disabilitas Mental, Pemerintahan Kecamatan melalui KOPI GANJA, Mahasiswa Universitas Pakuan Bogor dan RS. dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor.

?Stop Pasung
??Sehat Jiwa
Pulih Produktif dan Mandiri

  • Share to :