November 19, 2019
loading

Pelayanan Keswamas dan Evakuasi 37 ODGJ di Tasikmalaya

Posted by    admin

300 Peserta Bersama Wakil Walikota Tasikmalaya, Lepas 37 ODGJ untuk Rawat di RSMM.

Bertempat di Aula Balaikota Tasikmalaya, Selasa, Tgl.19 November 2019, Pkl.09.00 WIB, digelar kegiatan akbar yaitu Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) Se-Kota Tasikmalaya menuju Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dan Indonesia Bebas Pasung Tahun 2019.

300 peserta yg hadir terdiri dari Kesra, Dinkes, Dinsos, TNI, Polri, Satpol PP, Kecamatan, Kelurahan, BRSPDM Phalamarta Kemensos, Poltekes Tasikmalaya, Puskesmas, Keswa, Kader, PSM, TKSK, Linmas, PSC 119 Kota Tasikmalaya , LKS, Relawan, Tokoh Masyarakat, Keluarga ODGJ dll, tumpah ruah memenuhi lokasi kegiatan yg telah disiapkan panitia, utk mengikuti acara ceremoni, pemeriksaan ODGJ oleh psikiater dan evakuasi ODGJ Pasung dan ODGJ Non Pasung Berat Se-Kota Tasikmalaya ke RSMM.

Kadinkes Kota Tasikmalaya, dalam laporannya menyampaikan, terdapat 745 ODGJ yg terdata di Dinkes, dan terdapat 16 ODGJ Pasung yg saat ini sedang di tangani utk dilakukan perawatan di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi Bogor.
Sementara Sekda Kota Tasikmalaya, membuka secara resmi kegiatan dan menyampaikan rasa terimakasihnya utk RSMM, yg telah memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi masyarakat Kota Tasikmalaya.

37 ODGJ berhasil dilakukan pemeriksaan oleh 14 anggota tim Kesehatan Jiwa Masyarakat yg terdiri dari Psikiater, Dokter, Promkes, perawat jiwa, Tenaga sosial, tenaga administrasi, dll, yg di pimpin oleh dr. Iriawan Rembak Tinambunan, Sp.KJ, sebagai Psikiater RSMM.
Dari 37 ODGJ yg ditetapkan sbg peserta evakuasi, terdapat 13 ODGJ diantaranya adalah wanita dan 1 ODGJ adalah pasien anak.

Wakil Walikota Tasikmalaya, meninjau langsung pelaksanaan pemeriksaan ke-37 ODGJ oleh Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa RSMM dan menghadiri diskusi rencana tindak lanjut yg di fasilitasi oleh Iyep Yudiana, sbg Promotor Kesehatan Jiwa Masyatakat RSMM.

37 ODGJ dilakukan dievakuasi menuju RSMM Bogor dg menggunakan 1 unit bus dan 3 unit ambulance RSMM dan Dinkes Kota Tasikmalaya, yang di kawal oleh Komunitas Rider Indonesia sampai ke RSMM.
??Stop Pasung.

??Sehat Jiwa.
Pulih, Priduktif dan Mandiri.

  • Share to :