November 13, 2019
loading

Pelayanan Keswamas Se kabupaten Garut Tahap Akhir

Posted by    admin

150 Peserta Kab. Garut, Sambut Kepulangan 28 ODGJ, dan Lepas 25 ODGJ Baru untuk Rawat di RSMM.

Kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Se-Kabupaten Garut menuju Kab. Garut, Jawa Barat dan Indonesia Bebas Pasung Tahun 2019, sudah memasuki ke tahap 3, atau tahap akhir.
Rabu, 13 November 2019, sebanyak 28 pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), yang telah selesai menjalani perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor selama 1 bulan lamanya, dibawa dengan menggunakan bis dan ambulance RSMM, menuju Klinik Kesehatan Jiwa Atma di Cipatat RT.02 RW.05 Desa Cimurah Kec. Karangpawitan Kab. Garut, untuk dilakukan serah terima kembali, yang disambut oleh sekitar 50 peserta yang terdiri dari dinkes, dinsos, Kecamatan, desa, puskesmas, forum kecamatan sehat, PSM, TKSK, kader dan keluarga ODGJ yang diterima langsung oleh Ade Poniman selaku Sekertaris Camat Cilawu, yang kebetulan hadir dalam kegiatan.

Keesokan harinya, Kamis 14 November 2019, Pkl.09.00 WIB, masih di tempat yang sama, digelar kembali Pelayanan Kesehatan Jiwa dan Evakuasi ODGJ Tahap 3 atau akhir Se-Kabupaten Garut, yang dibuka oleh Kasie P2PL Dinkes Kab. Garut dan diresmikan langsung oleh Sekertaris Camat Karangpawitan dan disambut oleh Iyep Yudiana sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM, yang dihadiri oleh sekitar 100 peserta dari semua unsur yang ada di Kab. Garut.

14 Tim Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Kab. Garut, yang di pimpin oleh I Ketut Sudiatmika dan dr. Udji, SpKJ, beserta anggota tim lainnya, berhasil memeriksa dan mengevakuasi 25 ODGJ Pasung dan Non Pasung dari keluarga tidak mampu, yang diajukan dari masyarakat, puskesmas, dinkes, dinsos, dll untuk dilakukan perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RSMM, yang dilepas langsung oleh Camat Karangpawitan dengan menggunakan 1 unit bus dan ambulanc RSMM, dan dikawal secara estapet oleh tim rider Indonesia Escorting Ambulance (IEA) korwil Garut, Bandung, Cianjur dan Bogor sampai ke RSMM. ?Stop Pasung.
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :