December 06, 2019
loading

Pelayanan Keswamas dan Serah Terima 25 Pasien ODGJ Paska Rawat ke Pemda Kab. Garut

Posted by    admin

150 peserta se-Kabupaten Garut yang terdiri dari Keluarga ODGJ, Pendamping, Kader, PSM, TKSK, Aparat desa, Kecamatan, Puskesmas, Forum kecamatan sehat, Polsek, Dinkes, Dinsos, dll, sambut kepulangan 25 pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang telah selesai menjalani perawatan di RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor selama kurang lebih 1 bulan, yaitu sejak tanggal 14 November sampai dengan 06 Desember 2019.

Serah terima ke-25 pasien ODGJ, disampaikan langsung oleh Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa RSMM, dan diterima oleh Ade Hendarsyah sebagai Kepala Dinas Sosial Kab. Garut yang didampingi oleh Camat dan Sekmat Karangpawitan Kab. Garut.

Piagam penghargaan dari Pemda, Dinkes dan Dinsos diwakili dan diserahkan oleh Kadinsos Kab. Garut kepada RSMM, melalui Promotor Kesehatan Jiwa, sebagai tanda terimakasih atas kerjasama Pelayanan Kesehatan Jiwa kepada Masyarakat Kabupaten Garut untuk mewujudkan Kab. Garut Bebas Pasung Tahun 2019.

Testimoni dari perwakilan 2 pasien ODGJ mengenai pengalamannya selama menjalani perawatan, pengobatan dan rehabilitasi di RSMM, menambah keharuan dari seluruh peserta yang hadir, karena pasien bisa menceritakan kegiatannya selama dirawat dari mulai melakukan senam pagi, pemeriksaan psikiater, terapi aktifitas kelompok, kegiatan pengajian, rehabilitasi psikisosial seperti bercocok tanam hidrifonik, tata boga, terapy musik, gerabah, perpustakaan, dan kegiatan life skill lainya.

Penyerahan pasien, obat dan surat kontrol dilakukan tim kesehatan jiwa RSMM kepada keluarga pasien disertai edukasi penanganan paska rawat seperti cara minum obat, kontrol ke puskesmas atau RSUD dan motivasi kepada keluarga untuk meningkatkan komunikasi yang hangat dan aktifitas yang sesuai secara bertahap, sehingga diharapkan pasien bisa kembali pulih, produktif dan mandiri di masyarakat. ?Stop Pasung.
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :