February 24, 2020
loading

Pelayanan Keswamas di Puskesmas Tanjungsari Kabupaten Bogor

Posted by    admin

70 Peserta Ikuti Pengobatan dan Penyuluhan Jiwa Gratis di Puskesmas Tanjungsari Bersama RSMM, guna mengikuti acara Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Gratis, yang digelar oleh Puskesmas Tanjungsari, bersama RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, pada hari Senin, 24 Februari 2020, Pkl.10.00 WIB s.d selesai.
Puskesmas Tanjungsari yang di pimpin oleh dr. Adi Nuryadin, sebagai Kepala Puskesmas dan Hj. Lilih Herlia Sanusi sebagai Programer Kesehatan Jiwa, melaporkan terdapat 159 ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) yang tercatat di Puskesmas Tanjungsari, yang tersebar di 10 Desa sebagai wilayah kerja puskesmas di Kecamatan Tanjungsari Kab. Bogor.

Kepala Desa Sirnarasa yang juga sebagai Ketua KOPIGANJA (Kelompok Peduli Gangguan Jiwa), mengucapkan terimakasih kepada RSMM yang telah memberikan pelayanan kesehatan jiwa di wilayah tanjungsari dan berencana akan mengunjungi ODGJ secara Door to Door untuk bersilaturahmi dan mengetahui keadaan ODGJ secara langsung.

Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSMM, menyampaikan Penyuluhan Kesehatan Jiwa dihadapan 70 peserta kegiatan, yang terdiri dari ODGJ, Keluarga ODGJ, Kader Kesehatan, Pendamping ODGJ, Tokoh Masyarakat, Aparat Desa, Petugas Puskesmas, dll, dengan tema Cara Meningkatkan Pemulihan Kesehatan ODGJ, yang dikemas dengan metode ceramah, simulasi, permainan, diskusi dan tanya jawab.

Sementara di tempat pemeriksaan secara terpisah, dr. Udji Priatna, Sp.KJ, sebagai Psikiater RSMM, satu persatu secara bergantian, berhasil memeriksa, mendiagnosa dan mengobati 34 ODGJ dari 70 peserta yang hadir, yang di dampingi oleh Kepala Puskesmas, Programer Kesehatan Jiwa, Kader Kesehatan dan Pendamping ODGJ, yang diakhiri dengan pemberian obat.

Acara Pendampingan Psikiater dan Penyuluhan Kesehatan Jiwa Gratis, terselenggara berkat kerjasama antara Dinas Kesehatan Kab. Bogor melalui Puskesmas Tanjungsari, Dinas Sosial Kab. Bogor melalui Pendamping ODGJ/PDM dan KOPIGANJA bersama RSMM Bogor.
Stop Pasung.

Sehat Jiwa.
Pulih, Produktif dan Mandiri

  • Share to :