March 12, 2020
loading

Advokasi Promosi Kesehatan Jiwa Masyarakat ke Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Kota Bekasi

Posted by    admin

50 Peserta kegiatan pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat yg terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Puskesmas, Tenaga Kesejahtraan Sosial Kecamatan (TKSK), bersama RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, memadati Aula Lantai 2 Gedung Dinas Kesehatan Kota Bekasi, untuk mengikuti pembahasan Promosi Kesehatan Jiwa dg kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) Berat secara Masal Se-Kota Bekasi, menuju Kota Bekasi Bebas ODGJ dan Pasung Tahun 2020, bersama RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor.

Eril Supriadi sebagai Kepala Seksi PTM dan Keswa bersama Ristin sebagai Programer Keswa Dinkes Kota Bekasi, melaporkan "Terdapat 2607 ODGJ yg tersebar di 12 Kecamatan, 56 Kelurahan dan 42 Puskesmas, se-Kota Bekasi. Kota Bekasi juga memiliki 45 RS Swasta dan 1 RSUD, memiliki 12 TKSK, 56 Kesos dan 131 PSM. Juga terdapat 6 Yayasan Sosial dibawah binaan Dinsos Kota Bekasi yaitu Yayasan Galuh, Jamrud Biru, Galuh, Gerasa, Obor Kasih, Embun Kasih dan Peduli Kasih yang terintegrasi dengan puskesmas di wilayahnya masing-masing".
Kota Bekasi sudah memiliki sisten Layanan Kesehatan Masyarakat (LKM) berbasis NIK dan domisili di Kota Bekasi, disamping penggunaan kepertaan JKN KIS bagi masyarakat miskin yang sudah berjalan dg baik.

I Ketut Sudiatmika, sebagai Kepala Instalasi KJM&PKRS, atas nama Direktur Utama RSMM, mengucapkan "Terimakasih kepada Pemkot Bekasi melalui Dinkes, atas kerjasama pelayanan kesehatan jiwa yang sudah berjalan".
Sementara Iyep Yudiana sebagai Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat, menyampaikan presentasi Promosi Kesehatan Jiwa dengan kegiatan Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat dan Evakuasi ODGJ Berat secara Masal dihadapan seluruh peserta yang hadir dan di lanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. "Kami seluruh peserta sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan Promosi Kesehatan Jiwa, dengan Pelayanan Evakuasi ODGJ Berat secara Masal ke RSMM, karena masih banyak ODGJ yang belum tertangani terutama ODGJ Terlantar dan ada beberapa kasus ODGJ yang masih di pasung oleh keluarganya" ucap salah satu perwakilan TKSK dan Keswa saat dimintai tanggapan dan pertanyaan terkait kegiatan bersama yang di tawarkan.
??Stop Pasung
??Sehat Jiwa

  • Share to :