July 20, 2020
loading

Gebyar Penanganan ODGJ Dalam Rangka Cianjur Bebas Pasung Di Wilayah Campaka Tahun 2020 bersama RSJ. Dr. H. Marzoeki Mahdi Bogor

Posted by    admin

150 barisan peserta, tampak padat memenuhi lokasi kegiatan yang terdiri dari pasien ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), Keluarga ODGJ, Kader, Tokoh masyarakat, Aparat kecamatan, Aparat desa, Petugas satpol PP, Petugas Puskesmas, dll yang duduk rapih dengan pengukuran suhu tubuh, memakai masker dan jaga jarak di Aula Kantor Desa Sukajadi yang terletak di Desa Sukajadi Kec. Campaka Kab. Cianjur Jawa Barat, dalam kegiatan *"Gebyar Penanganan ODGJ Dalam Rangka Cianjur Bebas Pasung di Wilayah Puskesmas Campaka Tahun 2020"*

Ketua kegiatan acara yaitu Bpk. Rahman didampingi PJ Keswa PKM Campaka, melaporkan jalannya acara yang sukses digelar atas kerjasama antara Puskesmas Campaka, Desa dan Kecamatan Campaka, Dinkes Kab. Cianjur bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. Camat Kecamatan Campaka turut hadir dan menyambut acara penyuluhan dan pengobatan jiwa gratis di Kecamatan Campaka.

Puskesmas Campaka mempunyai wilayah kerja di 11 desa se-Kec. Campaka, dengan 63 ODGJ yg terdata dan 53 ODGJ yang terdaftar pernah berobat dipuskesmas, yang 4 ODGJ diantaranya masih dilakukan pemasungan oleh keluarganya.
Kasie PTM dan Keswa Dinkes Cianjur menyampaikan bahwa masih terdapat 1319 ODGJ di Kab. Cianjur, yang 841 diantaranya adalah ODGJ Akut dan 12 ODGJ Pasung, yang akan segera dan terus di tanggulangi bersama RSMM.

Iyep Yudiana, sebagai Promotor Kesehatan Jiwa dan Koordinator Lintas Sektor RSMM, memberikan penyuluhan kesehatan jiwa. Dihadapan 150 peserta penyuluhan kesehatan jiwa di selingi dengan simulasi dan permainan edukasi, dipaparkan tentang pentingnya peran Keluarga, Kader, Petugas Puskesmas dan Masyarakat terhadap pemulihan ODGJ di masyarakat, disampaikan pula 5 kunci kesuksesan pemulihan ODGJ dilingkungan keluarga dan masyarakat yaitu : Minum obat secara teratur, Kontrol berobat secara rutin, Komunikasi keluarga yang aktif, Aktifitas yang sesuai dan bertahap serta kembali bersosialisasi dengan masyarakat.

Dr. Mochammad  Udji Priyatna, SpKJ, sebagai Psikiater RSMM, yang didampingi dr. Very Akbar sebagai dokter Puskesmas Campaka bersama tim kesehatan jiwa lainnya, diruangan yang terpisah, telah berhasil melakukan pemeriksaan dan pengobatan gratis terhadap 35 ODGJ yang hadir, dari 40 ODGJ. Satu persatu ODGJ yang didampingi keluarganya dilakukan pemeriksaan dan pengobatan serta diberikan obat yang harus diminum pasien dirumah, didampingi keluarganya sebagai PMO (Pendamping Minum/menelan Obat) dirumah.

  • Share to :