September 14, 2021
loading

LKS Keswaranum dan Lintas Sektor, Siap Dukung Pemerintah Cianjur, Tangani ODGJ Bersama RSJMM.

Posted by    admin

Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Keswaranum Cianjur bersama Lintas Sektor terkait, siap mendukung Pemerintah Cianjur dalam penanganan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) bersama RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor. Hal tersebut terungkap saat digelarnya pertemuan Advokasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat antara RSJMM bersama Pemerintah Kab.Cianjur melalui Dinas, UPT dan Lembaga terkait penanganan ODGJ, yang dilaksanakan di Aula LKS Keswaranum.

30 peserta ikut hadir untuk menunjukan kepedulian terhadap penanganan ODGJ Cianjur, antara lain Marzuki dari Dinas Sosial, A.M. Zaenudin dari Baznas, Hendra dari Lapas, dr.Siti Kholifah dari Puskesmas Muka, Endang Sri Mulyati dari Puskesmas Nagrak, Mulyadi dari Puskesmas Karang tengah, Mulyanah dari Desa Maleber, Petugas advokasi RSJMM dan seluruh petugas LKS Keswaranum.

LKS Keswaranum yang dipimpin oleh Ai Rusmiati sebagai Ketua Panti beserta 12 pengurus lainya, berlokasi di Jl.KH. Saleh No19 RT.02 RW.02 Desa Sukamanah Kec.Karangtengah Kab.Cianjur, menjadi salah satu dari 46 anggota LKS & LKSA Forum Komunikasi Panti Sosial (FK PS) Cianjur, saat ini mengelola sekitar 90 ODGJ yang berada dilingkungan keluarga dan masyarakat, yang tersebar di wilayah Cianjur dan sekitarnya, karena keterbatasan sarana dan tempat penampungan ODGJ, dengan memberikan 3 layanan utamanya yaitu Home Visite, Pengawasan Minum atau Menelan Obat (PMO) dan Evakuasi ODGJ.

Iyep Yudiana, sebagai Promkes Jiwa Masyarakat RSJMM yang di dampingi Sugih Setia Raharja sebagai Promkes dan Budi Santosa, sebagai Pekerja Sosial Medik, memberikan pemaparan terkait Profile, Layanan, Program Kegiatan, Alur rujukan, Jaminan rawat, Peran LKS dalam pelayanan jiwa masyarakat dan Penanganan ODGJ dimasa Pandemi Covid 19, yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait permasalahan penanganan ODGJ di Cianjur seperti biaya pendampingan ODGJ ke RSJMM oleh Baznas, Infut data ODGJ ke DTKS oleh Desa dan Dinsos, Home visit dan penanganan awal ODGJ oleh Puskesmas, Rujukan perawatan ODGJ ke RSJMM, dll yang dibahas dengan penuh keakraban. Pada kesempatan tersebut juga dibagikan majalah Dolphin RSJMM, yaitu majalah informasi dan edukasi kesehatan jiwa yang diterbitkan oleh RSJMM melalui bagian Hukormas secara berkala.

Kesimpulan kegiatan Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat bersama RSJMM, menyepakati bahwa setiap lintas sektor di Cianjur yang hadir, akan berkomitmen memberikan layanan terhadap ODGJ dan keluarga, sedangkan LKS sebagai tempat Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) mempunyai peranan penting dalam penanganan ODGJ paska rawat dan harus didukung bersama, karena tidak banyak relawan atau masyarakat yang peduli terhadap penanganan ODGJ dengan mendirikan sebuah Panti/LKS Rehabilitas Sosial Disabilitas Mental.

??Stop Pasung
??Sehat Jiwa.
??Pulih, Produktif dan Mandiri.

  • Share to :