March 20, 2023
loading

Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial kepada Korban Bencana Tanah Longsor Empang

Posted by    admin

Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RS Jiwa dr. H. Marzoeki Mahdi (PKJN RSJMM) Bogor bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor dan Puskesmas Bondongan memberikan Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial (DKJPS) kepada korban bencana alam tanah longsor di Kelurahan Empang Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor pada hari Senin (20/03/2023).

PKJN RSJMM menurunkan tim DKJPS sebanyak delapan orang yang terdiri dari multiprofesi, yang terdiri dari psikiater, psikolog klinis, perawat spesialis jiwa, perawat jiwa, dan pekerja sosial. Tim DKJPS mengawali kegiatan berupa skrining kesehatan jiwa. Beberapa pengungsi dewasa yang mengalami gangguan cemas, stres, dan gangguan tidur diberikan konseling dan pendampingan. Sedangkan sekelompok pengungsi anak-anak dilakukan psiko-edukasi melalui terapi bermain dan menggambar.

Rata-rata pengungsi yang diberikan DKJPS merasakan kecemasan dan stres yang dialami berkurang. Melalui koordinasi dengan pihak Puskesmas Bondongan, maka pendampingan dalam memberikan DKJPS akan dilanjutkan oleh Puskesmas. Tim PKJN RSJMM akan melakukan monitoring dan evaluasi dalam satu minggu ke depan. (I Ketut Sudiatmika/PKRS)

  • Share to :