January 18, 2021
loading

Advokasi Pelayanan Keswamas Berbasis Panti Sosial di Kabupaten Bandung

Posted by    admin

Senin, 18 Januari 2021.
Kabupaten Bandung Barat (KBB) melalui LKS Waoneag Cinta Kasih, Dinas Kesehatan KBB, BRSPDM Phalamartha, Kecamatan Padalarang, Desa Cempaka Mekar, Komunitas Seputar Desa KBB, TKSK, PSM, Media TV, bersama RSJ Provinsi Jawa Barat dan RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, tanda tangani komitmen bersama Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat se-KBB dalam rangka kegiatan Advokasi dan Integrasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat yang digelar di Saung Apung Kecamatan Batu Jajar KBB, yang dihadiri oleh sekitar 30 peserta.

Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Waoneag Cinta Kasih yang dipimpin oleh Wawan Anwar Gojali sebagai Ketua LKS dengan 10 pengurus dan 11 pendamping lapangan, yang beralamat di Kecamatan Padalarang KBB, yang sampai saat ini telah mampu melayani 60 ODGJ binaan, yang tersebar di 16 kecamatan dan 165 desa se-KBB, dengan pelayanannya berupa : pendataan ODGJ, edukasi keluarga, pendampingan ke RS, pemantauan minum obat, pemberdayaan ODGJ dengan Balai Phalamarta, pembinaan ODGJ di LKS, rehabilitasi ODGJ ke mitra LKS lain, dll.

Wawan AG sebagai tuan rumah tampil menyampaikan laporannya terkait pelayanan yang ada di LKS Waoneag Cinta Kasih disertai ucapan terima kasih atas suport dari berbagai pihak yang hadir memenuhi undangan.
Sementara Dari Phalamarta Kemensos RI dalam sambutannya menitik beratkan kepada pentingnya penguatan keluarga dan masyarakat dalam pelayanan kesehatan jiwa.
RSJ Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Sopyan Efendi dan Yuyum, turut hadir memberikan dukungannya terhadap pelayanan kesehatan jiwa.

PKRS RSJMM melalui I Ketut Sudiatmika, selaku Kepala Instalasi, yang mewakili Direksi RSJMM, menyampaikan terimakasih kepada ketua LKS dan para peserta yang hadir, seraya menyampaikan pentingnya kerjasama lintas sektor dalam penanganan ODGJ ke RS Jiwa dan penanganan paska rawat oleh LKS, keluarga dan sumber lain yang ada di masyarakat.
Iyep Yudiana sbg Promotor Kesehatan Jiwa Masyarakat RSJMM, yang diminta memberikan pemaparannya, menyoroti pentingnya kerjasama lintas sektor untuk penanganan ODGJ dari hulu ke hilir.

Dalam suasana santai dan penuh keakraban, acara dilanjutkan dengan diskusi, dll dan dilanjutkan dengan Penanda Tanganan Komitmen Bersama.

  • Share to :